ENAM SAUDARA Batik Halus Songket Wanita Size L [RA007] - Red (V)

Rabu, 07 September 2016

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN OLEH BLOGGER

Ngeblog adalah kegiatan menulis hal apapun yang bermanfaat bagi orang banyak. Pekerjaan utama dari ngeblog adalah menulis. Jadi pada hakikatnya ngeblog itu adalah menulis itu sendiri. Tanpa menulis tentu tidak ada yang namanya ngeblog.

Memang untuk mengisi konten blog kita bisa mencomot tulisan orang lain akan tetapi hal ini merupakan pekerjaan tidak terpuji kecuali apabila mendapatkan izin dari sang empunya artikel atau setidaknya menampilkan link situs dimana artikel itu diambil.

Selain menulis, hal yang biasanya dilakukan saat seseorang ngeblog adalah mempercantik tampilan blog. Hal ini sangat penting dilakukan, disamping agar pengunjung betah mengunjungi blog kita juga agar blog kita terlihat profesional. Bisa dibayangkan ketika kita membuat blog yang berisi konten berkualitas akan tetapi tampilannya sangat buruk maka pengunjung tidak akan berlama-lama mengunjungi blog kita.

Oleh karenanya, kita harus memperhatikan betul template yang kita gunakan, termasuk juga warna dan font yang sekiranya tidak menyiksa mata para pengunjung.

Namun, yang perlu diperhatikan bahwa mempercantik blog jangan sampai menjadi perhatian utama yang mengganggu terhadap kegiatan membuat konten. Tidak sedikit dari para blogger, utamanya yang masih baru dimana mereka terlalu sibuk membenahi tampilan blog sehingga sedikit waktu yang mereka curahkan untuk membuat konten.

Setelah tampilan blog bagus, setidaknya bagi kita yang masih pemula kata bagus disini yang paling penting tampilannya sederhana dan enak dipandang, selanjutnya kita harus memperbanyak membuat konten original.

Konten original bukanlah konten yang tidak pernah disinggung oleh orang lain. Konten original adalah konten yang kita buat sendiri menggunakan bahasa yang muncul dari otak kita, bukan konten hasil copas dari situs lain.

Untuk membuat konten original memang tidak mudah. Diperlukan latihan terus menerus tanpa henti dan jangan membiasakan diri mengCopas karena tindakan ini disamping tidak terpuji juga mengahlangi kita untuk produktif.

Bagi sebagian besar blogger pemula membuat konten merupakan hal tersulit. Bahkan blogger senior pun kadang juga mengalami hal yang sama. Hal ini bisa dibuktikan dengan sedikitnya artikel yang dipublish setiap harinya. Bisa dibilang blog-blog yang sudah mapan ternyata sedikit yang di update setiap harinya.

Namun membuat konten bukanlah hal yang mustahil dilakukan. Membuat konten atau artikel tidak banyak syarat yang perlu dilakukan. Syaratnya hanya satu yaitu berlatih secara konsisten.

Hal yang umumnya menghalangi para blogger untuk membuat artikel adalah malas dan kehabisan ide.

Untuk memecahkan dua hal ini kita harus mengingat kembali tujuan kita ngeblog. Jika kita ngeblog untuk meningkatkan kemampuan menulis yang kita miliki, contohnya seperti saya, maka kita harus membuat jadwal khusus menulis dimana sebisa mungkin kita mematuhi terhadap jadwal yang sudah kita buat itu.

Jika sewaktu-waktu kita mempunyai kesibukan sehingga tidak bisa menulis sesuai waktu yang telah ditetapkan maka kita harus mengganti dengan lain waktu. Jadi pada intinya, kalau sudah waktunya menulis maka kita harus menulis.

Untuk memecahkan masalah kedua, yaitu kehilangan ide ada banyak cara yang bisa dilakukan. Diantaranya adalah menulis pengalaman sendiri. Pokoknya semua apapun yang kita alami bisa kita jadikan ide untuk menulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar