ENAM SAUDARA Batik Halus Songket Wanita Size L [RA007] - Red (V)

Senin, 29 Agustus 2016

TIPS MENULIS UNTUK PEMULA

Hallo selamat malam teman-teman yang pengunjung setia raja menulis. Kali ini saya akan membagikan tips menulis yang sangat mudah yang bisa langsung dipraktekkan oleh penulis pemula, termasuk saya sendiri.

Menulis adalah kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh siapapun yang mengelola blog. Tanpa menulis niscaya tidak ada yang diharapkan dari blog nya tersebut. Karena blog adalah fasilitas konten yang berbasis tulisan, berbeda dengan Youtube yang berbasis video.

Memang untuk mendapatkan tulisan sebagai isi blog bisa dilakukan dengan cara copy paste tulisan dari blog atau website lain namun cara ini merupakan cara yang tidak terpuji. 

Selain itu tulisan bisa kita dapatkan melalui cara membeli dari penulis yang menjual tulisannya. Hanya saja kita harus siap dana untuk membeli tulisan tersebut. Bagi yang mempunyai dana untuk itu nemang tidak ada masalah. Tapi bagi kita yang mengelola blog secara gratis dan hanya bermodal paket internet tentu akan keberatan untuk mengeluarkan uang bagi blog kita.

Oleh karena itu, menulis adalah satu-satunya jalan untuk mengisi blog yang kita kelola. Namun banyak dari kita yang mempunyai blog tapi kesulitan dalam membuat tulisan. Hal ini karena kita belum terbiasa membuat tulisan. Walaupun ide sebagai bajan tulisan sudah tersedia akan tetapi kita tidak tahu cara menuliskan ide tersebut.

Nah, berikut ini saya akan berbagi pengalaman membuat tulisan bagi blogger yang masih pemula dalam dunia penulisan.

Menulis erat kaitannya dengan tema, sedangkan tema adalah isi tulisan yang terdiri dari berbagai ide.
Penulis pemula seringkali mengalami kesulitan menulis karena tidak mempunyai ide untuk ditulis. Walaupun ide itu sebenarnya tumpah ruah di sekeliling kita namun mereka tidak kunjung menemukannya.

Hal tersebut bisa dimaklumi karena orang yang baru saja menekuni dunia tulis menulis belum mempunyai kepekaan terhadap lingkungan sekitar sehingga dia tidak menemukan hal menarik dari lungkungannya teesebut. 

Untuk mengatasi masalah tersebut tentu kita harus melatih kepekaan kita melihat realitas di sekitar kita. Betapa banyak kejadian sehar-hari yang bisa kita jadikan tema dalam tulisan kita. Setiap hari kita melihat atau mendengar berita baik di Televisi, radio, majalah, koran dan informasi di internet. Tentu informasi tersebut merupakan sumber ide yang bisa kita ramu sehingga menjadi tulisan yang bisa dibaca.

Sebagai contoh belakangan ini media kita disibukkan dengan berita yang menjadi perhatian masyarakat secara nasional seperti kasus kopi sianida yang melibatkan Jessica Kumala Wongso sebagai terdakwa pembunahan terhadap rekannya, Wayan Mirna Salahin. 

Darama pembunuhan tersebut sampai saat ini belum menemukan titik terang apakah yang bersangkutan, yaitu Jessica, benar-benar sebagai pelaku pembunahan atau tidak.

Selain itu berita yang menjadi konsumsi masyarakat nasional adalah teka teki politik menjelang Pilkada DKI dimana sampai saat ini PDIP sebagai partai pemilik suara terbanyak belum juga menentukan calonnya untuk berlaga pada pilkada yang akan digelar pada tahun 2017 nanti. Dan masih banyak berita lain yang bisa kita angkat dalam tulisan kita.

Nah, dari berita ini kita bisa menulis artikel baik opini atau apa saja tanggapan kita terhadap misalnya berlarut-larutnya kasus persidangan kopi sianida atau mengangkat tema Pilkada DKI sesuai yang kita pahami.

Bila tema-tema besar tersebut terlalu sulit maka alternatif yang bisa kita ambil adalah menulis Diary atau pengalaman pribadi keseharian kita.

Alternatif yang terkhir ini yang kerapkali saya praktekkan. Kebetulan beberapa hari terakhir ini saya mempunyai kebiasaan ngeblog. Untuk mengisi konten blog yang masih baru ini saya membagikan cerita tentang aktivitas ngeblog yang saya lakukan. 

Intinya untuk memudahkan menulis kita harus memulai dari yang kita pahami dan kuasai. Jika kita memaksakan diri menulis tentang suatu hal yang tidak kita kuasai maka kita akan kesulitan bahkan kita tidak bisa menyelesaikan tulisan kita.

Oleh karenanya kita harus merekam semua aktivitas harian kita dengan menuliskannya kemudian kita publish di blog. Melalui cara ini kita tidak akan kekurangan ide karena aktivitas kita adalah ide itu sendiri.

Sekian dulu yang bisa saya bagikan. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar